Selasa, 27 April 2010

Mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra Meninggal?

BANGKOK - Mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra yang sedang dalam pengasingan di luar negeri dikabarkan meninggal dunia. Namun kabar yang beredar luas di internet tersebut dibantah langsung oleh Thaksin.

Kabar mengenai kematian Thaksin memang telah bergulir di dunia maya dalam beberapa hari terakhir. Berita ini mencuat setelah Thaksin dipastikan mengidap penyakit kanker. Versi lain menyebutkan, buronan korupsi ini tewas akibat sesi kemoterapi pada, Jumat, 23 April lalu.

Isu ini langsung dibantah oleh anak tertua Thaksin, Panthongtae melalui akun Twitter-nya. Namun pernyataan Panthontae tidak dipercayai publik. Thaksin pun akhirnya mengeluarkan bantahan atas kematiannya pada akun twitternya sendiri.

"Saya merasa kasihan dengan pihak yang menciptakan kabar bohong tersebut. Saya masih hidup dan tidak dalam keadaan sakit. Tidak ada dokter yang sedang melakukan perawatan terhadap saya," ungkap Thaksin dalam akun twitternya seperti dikutip kantor berita ANI, Selasa (27/4/2010).

Thaksin juga menyatakan dirinya jarang mengeluarkan pernyataan yang bersifat dukungan terhadap kelompok anti-pemerintah "Kaus Merah". Dia ingin menjaga jarak dengan "Kaus Merah" yang menamakan diri front Demokrasi melawan Kediktatoran (UDD) itu. hal ini, menurutnya, untuk memperjelas aksi mereka murni untuk demokrasi dan bukan untuk dirinya.

Pengusaha media Thailand tersebut mengecam Pemerintah Thailand pimpinan PM Abhisit Vejjajiva yang menolak keinginan "Kaus Merah", untuk membubarkan parlemen dalam waktu 30 hari.

"Pemimpin UDD seharusnya dihormati dengan bersedia untuk mengalah. Tetapi amat mengecewakan melihat pemerintah menolak keinginan UDD," imbuh Thaksin.

Tidak ada komentar: