Senin, 26 April 2010

Volt mpv bertenaga listrik

BEIJING- Setelah sebelumnya hadir dalam bentuk sedan, General Motors (GM) akhirnya resmi memunculkan mobil konsep Volt versi MPV (Multi Purpose Vehicle) yang mereka sebut Volt MPV5.

MPV lima penumpang ini dimunculkan pabrikan Amerika Serikat (AS) tersebut dalam ajang Beijing Auto Show 2010.

Volt MPV5 dibekali mesin 1.4 liter bensin ditambah motor listrik yang mampu menghasilkan daya 150 hp dengan torsi hingga 370 Nm. Sementara motor listriknya saja mampu menghasilkan tenaga hingga 111 kW melalui baterai lithium ion dengan kapasitas 16 kWh.

Pihak GM menyebut, Volt MPV5 menggunakan sistem kelistrikan baru yang mereka namakan Voltec. Voltec membuat kinerja sumber tenaga listrik menajdi lebih besar namun juga efisien. Dan rencananya Voltec akan digunakan untuk seluruh kendaraan listrik lansiran GM.

"Volt MPV5 menunjukkan fleksibilitas dari sistem Voltec yang dapat menghasilkan daya listrik yang cukup untuk menggerakkan kendaraan, mulai dari sedan kompak seperti Volt hingga crossover seperti Volt MPV5," kata Global Vehicle Line Executive and Global Vehicle Chief Engineer for Electric Vehicles GM, Doug Parks, seperti dikutip dari Autoevolution, Senin (26/4/2010).

Baterai listrik ini dapat menggerakkan kendaraan sejauh 482 Km dengan kecepatan maksimum hingga 165 km per jam. Bila daya baterai listrik habis, maka konsumen bisa mengisi ulang kembali selama 4-8 jam.

Kemampuan baterai ini tentu lebih dari cukup, mengingat bila melihat dimensi Volt MPV5 terbilang bongsor. Sebab MPV bertenaga listrik ini 181 mm lebih panjang, 73 mm lebih lebar, dan 182 mm lebih tinggi dibandingkan Volt sedan, dengan kapasitas bagasi mencapai 1.764 liter.

Hingga saat ini belum diumumkan kapan GM akan resmi memproduksi Volt MPV5 dan kapan mobil tersebut akan dipasarkan secara massal.
(uky)

Tidak ada komentar: