Senin, 26 April 2010

Omelet keju tomat



SARAPAN di pagi hari merupakan jadwal makan terpenting dalam sehari. Selepas tidur panjang semalaman, tubuh dan otak pasti membutuhkan asupan makanan untuk membangkitkan kembali energi.

Dengan kondisi tersebut, dibutuhkan menu bergizi tinggi untuk membuat cadangan energi Anda penuh hingga waktu santap siang tiba. Bila Anda terbiasa sarapan dengan menu makanan berat, mengapa tak mencoba untuk mengganti menu dengan hidangan ringan seperti omelet?

Sesekali agar menu sarapan tak terasa membosankan, cobalah memasak omelet dan membuat sandwich isi. Anda bisa mengisi roti gandum dengan isian sosis, lalu menyantapnya dengan tambahan omelet yang divariasikan dengan keju dan tomat. Hmm... Lezat!

Bahan:

3 butir telur ayam

1 sdt garam halus

½ sdt merica bubuk

1 sdm margarine

Isi:

5 lembar keju, potong bentuk segitiga

1 buah tomat, iris tipis

0,50 sdt garam halus

0,25 sdt merica bubuk

Cara membuat:

Pisahkan kuning telur dan putih telur. Kocok kuning telur sampai mengembang. Kocok pula putih telur secara terpisah sampai kaku.

Campurkan putih dan kuning telur, aduk dengan sendok kayu, lalu bubuhi garam dan merica. Sisihkan.

Isi:

1. Campurkan potongan keju dan tomat, aduk. Bubuhi garam dan merica.

2. Panaskan margarine dalam wajan dadar. Tuangi kocokan telur dan taruh campuran keju dan tomat di atasnya. Masak sampai bagian bawah agak kering. Balikkan agar bagian atas matang, atau masukkan ke dalam oven selama 5 sampai 7 menit. Hidangkan dalam keadaan panas.

Tidak ada komentar: