Minggu, 25 April 2010

Hina nabi muhamad

NEW YORK - Setelah dua produser program animasi "South Park", Matt Stone dan Trey Parker, dianggap telah menghina Nabi Muhammad diancam dibunuh, keduanya mendapat dukungan dari koleganya sesama produser.

Dia adalah produser pihak Comedy Central, Jon Stewart, yang tidak lain pemegang hak siar acara serial kartun tersebut. Stewart langsung membela duo produser menyusul ancaman kelompok Revolution Muslim.

Kelompok Revolution Muslim menilai, keduanya telah menghina Nabi Muhammad dengan membuat karakternya dalam sosok yang berpakaian beruang. Kelompok radikal itu pun mengeluarkan peringatan dalam websitenya yang ditujukan kepada pasangan produser South Park.

Kelompok Revolution Muslim memang tidak mengeluarkan ancaman pembunuhan terhadap Parker dan Stone. Tetapi peringatan tersebut menyertakan foto Theo Van Gogh, seorang pembuat film asal Belanda, yang dibunuh oleh kelompok radikal pada 2004 silam. Peringatan tersebut menyatakan Parker dan Stone bisa saja bernasib sama dengan Van Gogh yang mengkritik perlakukan Islam atas perempuan.

"Saya mengatakan hal ini kepada siapa pun yang mengancam kematian atas nama agama atau politik," kata Stewart, seperti dikutip Yahoo News Room, Sabtu (24/4/2010).

"Dalam 14 tahun kami telah mengerjakan 'South Park' dan kita akan berdiri di belakanganya. Tekad kami (Comedy Central) telah bulat untuk mengubah (sensor) episode itu," ujarnya.

"Itu tidak menyebutkan Nabi Muhammad sama sekali. Kami akan kembali minggu depan dengan acara baru tentang sesuatu yang sama sekali berbeda dan kita akan melihat apa yang terjadi," sanggah Stewart.

Seperti diberitakan sebelumnya, Comedy Central memang telah melakukan sensor menyusul kecaman dari berbagai pihak utamanya umat Muslim yang menganggap representasi fisik dari Nabi Muhammad yang digambarkan sebagai kartun beruang, dianggap sebagai sebuah penghinaan.

Terlepas dari peringatan kelompok Revolution Muslim, produser "South Park" tetap akan menampilkan karakter Nabi Muhammad dalam episode pekan ini. Karakter nabi akan muncul tertutup dalam sebuah kotak hitam.

Tidak ada komentar: