Senin, 26 April 2010

Bunuh Diri di Plaza Medan, Pelaku Pernah Dirawat di RSJ

MEDAN – Julia alias Tan It Siang pernah dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mahoni, Jalan Sutomo, Medan. Julia sendiri nekat bunuh diri dengan meloncat di Plaza Medan Fair, Jalan Gatot Subroto, Medan, Sumatera Utara, Minggu (25/4/2010).

"Julia memang pernah dirawat di RSJ Mahoni karena mengalami gangguan jiwa. Julia mengalami stres karena tidak naik kelas," jelas salah seorang keluarga Julia yang tidak bersedia menyebutkan identitasnya, Senin (26/4/2010).

Kejadian tersebut sudah lama terjadi, sekitar empat tahun lalu saat Julia masih sekolah di Perguruan Methodist-5 Medan. Namun, setelah beberapa lama dirawat, ia dinyatakan sembuh. Julia pun kemudian bekerja sebagai penjaga toko sepatu di Pasar Petisah, Medan, tidak jauh dari lokasi Plaza Medan Fair.

Namun, diduga karena penyakitnya kambuh, Julia pun melakukan bunuh diri dengan cara melompat dari lantai empat gedung pusat perbelanjaan tersebut hingga tewas di tempat. Ia jatuh di lantai satu dengan luka parah akibat badan remuk dan kepala bagian kanannya pecah, dan darahnya berserakan di lantai.

Insiden itu sendiri berlangsung sangat cepat. Tiba-tiba saja, pelaku jatuh dari lantai empat. Saat itu, gedung pusat perbelanjaan Plaza Medan Fair sendiri baru saja dibuka, sekira pukul 10.00 WIB pagi.

Beberapa saat setelah kejadian, sejumlah petugas keamanan plaza segera mengamankan tubuh pelaku ke lantai dasar. Mereka juga langsung membersihkan bekas darah yang berserakan di lantai.

Petugas keamanan plaza tersebut terkesan menutup-nutupi kejadian dengan menghalang-halangi tugas wartawan yang akan meliput. Bahkan, mereka sempat melarikan jenazah pelaku ke rumah sakit terdekat, sebelum pihak kepolisian akhirnya berhasil mencegatnya tidak jauh dari lokasi plaza.

Tidak ada komentar: